Bupati Lampung Tengah Resmikan Pasar Rakyat di Kalirejo

Editor: jurnalsindo.com author photo


Jurnalsindo.com, Kali Rejo– Pembangunan yang berkesinambungan harus dilaksanakan dalam menciptakan kesejahteraan yang merata. Untuk itu peran serta stakeholder dan partisipasi masyarakat sebagai wujud kebersamaan dalam pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto, saat meresmikan Pasar Rakyat di Kecamatan Kalirejo, Jum’at (17/1/2010).

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai itu mengatakan, indikasi keberhasilan pelaksanaan pembangunan disuatu daerah dapat dilihat dari peningkatan perekonomian rakyat.

“Untuk perekonomian bukti fisiknya adalah dengan peresmian pasar rakyat di Kalirejo ini. Pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan dan sebagainya,” ujar Loekman.

Selain itu, lanjutnya, ada tiga faktor yang memicu pasar-pasar tradisional mati, terutama ada pada kondisi pasar yang kotor, serta persaingan dengan toko ritel dan modern.

“Pemerintah daerah akan terus mendukung pedagang pasar rakyat di Lamteng agar perekonomiannya meningkat,” tegasnya.



Bantuan pembangunan pasar rakyat di Kalirejo tersebut, meliputi beberapa fasilitas, diantaranya adalah, Kios ukuran 2 x 3 M sebanyak 9 unit, Los ukuran 1 x 1,5 M sebanyak 96 unit, ruangan ATM ukuran 2 x 3 M sebanyak 1 unit.

Kemudian  Rumah Potong Hewan sebanyak 2 unit, Kantor ukuran 3 x 4,6 M sebanyak 1 unit, Mushola ukuran 3 x 3 M sebanyak 1 unit,.Toilet  3 x 3 M sebanyak 2 unit dan sumur bor sebanyak 1 unit.

“Pasar rakyat merupakan sektor penggerak ekonomi kerakyatan. Oleh karenanya kita sangat mengutamakan pasar rakyat dari pada pasar modern,  sehingga dapat memajukan ekonomi  kerakyatan, dan meningkatnya kesejahteraan rakyat,” kata Loekman.

Dia juga menyampaikan bahwa pasar rakyat yang belum representatif dan belum nyaman di Kabupaten Lampung Tengah masih cukup banyak jumlahnya.

Pemerintah daerah Kabupaten Lampung Tengah, melalui Dinas Perdagangannya, akan terus berupaya untuk meminta dan mengajukan adanya bantuan pembangunan pasar rakyat kepada pemerintah pusat melalui Program pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat,

Acara peresmian penggunaan pasar tersebut, dilaksanakan di halaman pasar setempat, dan dihadiri oleh, Jajaran Kepala Organisasi Perangakat Daerah (OPD) Lampung Tengah, Camat Kalirejo beserta Forkompincam Kalirejo.

Kepala UPTD Pasar Kalirejo beserta staf. Para Kepala Kampung dan sekretaris Kampung se-Kecamatan Kalirejo, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta pengurus paguyuban pedagang Pasar Kalirejo. (Advertorial)


Share:
Komentar

Berita Terkini